by

Gub Jabar Tinjau Revitalisasi Pedestrian dan Alun-alun Sukabumi

Kabarbhayangkara.com /KOTA SUKABUMI — Memasuki hari kedua di tahun 2022, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau sejumlah proyek revitalisasi infrastruktur di Kota Sukabumi, Minggu (2/1/2022). Infrastruktur yang ditinjau kali ini di antaranya pedestrian di Jalan Ahmad Yani, GOR Lapangan Merdeka, dan Alun-alun Kota Sukabumi.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jabar Boy Iman Nugraha, Wali

Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan Forkopimda Kota Sukabumi.

“Di hari ini saya meninjau persiapan peresmian proyek-proyek infrastruktur di Sukabumi. Alhamdulillah walaupun dua tahun COVID, ada beberapa pekerjaan tetap kita kerjakan dan Allah memberikan kita kemudahan, khususnya di Kota Sukabumi,” kata Kang Emil – sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil juga mengapresiasi hasil revitalisasi beberapa proyek infrastruktur di Kota Sukabumi yang rencananya akan diresmikan pekan depan. Misalnya, Lapangan Merdeka Kota Sukabumi yang kini menjadi rapi dan memiliki banyak fasilitas publik, mulai dari jogging track hingga track sepatu roda.

Kemudian Alun-alun Kota Sukabumi juga terlihat rapi dan memiliki banyak spot foto yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Misalnya, Tugu Kujang yang memiliki tulisan Sukabumi di bawahnya.

“Pertama kita akan meresmikan Lapangan Merdeka dengan APBD dari Provinsi, kemudian alun-alun juga dari Provinsi, kemudian ada Pasar Lembur Situ. Minggu depan (direncanakan akan diresmikan),” ucap Kang Emil.

Selain itu, proyek pedestrian yang ada di Jalan Ahmad Yani juga mendapat pujian dari Kang Emil. Apalagi, pedestrian Jalan Ahmad Yani kini sudah rapi dan ramah pejalan kaki.

Kabel-kabel listrik yang ada di sepanjang Jalan Ahmad Yani sudah dirapikan. Ditambah, tersedia beberapa bangku untuk masyarakat duduk beristirahat sejenak.

Menurut Kang Emil, dengan rapinya pedestrian, Jalan Ahmad Yani Sukabumi bisa menarik wisatawan. Dampaknya, perekonomian Kota Sukabumi juga bisa pulih atau bahkan meningkat.

“Kemudian ada dari APBD kota yang saya apresiasi, Jalan Ahmad Yani jadi pangling, jadi ramai, wisatawan juga makin banyak saya yakin sehingga akan meningkatkan ekonomi, itulah konsep membangun kota,” jelas Kang Emil.

“Jika infrastrukturnya diperbaiki, pasti orang makin betah. Kalau orang makin betah, tingkat daya belanjanya juga makin banyak. Maka semakin banyak jalan-jalan Sukabumi dirapikan, saya yakin ekonomi perdagangan akan meningkat,” imbuhnya.

Jika infrastrukturnya sudah ditata rapi, maka pekerjaan rumah selanjutnya adalah harus bisa berpikir kreatif dalam mencari potensi ekonomi. Kota Sukabumi harus memiliki ciri khas sendiri sehingga tidak kalah bersaing dengan daerah lain dalam hal peningkatan ekonomi.

“Orang ke Sukabumi memorinya senang bahagia, maka pariwisata harus jadi keunggulan, wisata belanja, kuliner dan wisata alam,” kata Kang Emil.

Usai meninjau proyek revitalisasi, Kang Emil bersama Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil berkeliling Kota Sukabumi sekaligus membagikan sembako kepada masyarakat membutuhkan di sepanjang jalan.

Selain sembako, Kang Emil bersama Atalia juga bagi-bagi cokelat kepada anak-anak di Kota Sukabumi yang dijumpai di jalan. Beberapa kali, Kang Emil menyapa langsung warga.

 815 total views,  2 views today