by

HARI IBU Cara Gub Jabar Bahagiakan Sang Bunda

Kabarbhayangkara.com /KOTA BANDUNG — Tepat hari ini, diperingati Hari Ibu Nasional. Peringatan ini bermula saat perkumpulan perempuan tanah air menggelar Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.

Meski sudah 93 tahun, semangat kongres tersebut tetap mengemuka hingga saat ini. Tak jarang para anak di Indonesia membahagiakan sang bunda di momen Hari Ibu Nasional. Tak terkecuali Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– memiliki cara sendiri untuk membahagiakan sang ibu untuk memperingati Hari Ibu Nasional. Adalah dengan mengajak sang ibu berkeliling ke tempat-tempat penuh kenangan.

“Saya pun masih punya ibu. Yang nanti sore permintaannya ingin mengunjungi tempat-tempat memorinya. Tempat pertama jatuh cinta ke almarhum ayah saya, tempat nongkrongnya, tempat lahir anak-anaknya, mungkin untuk membahagiakan itu saya sediakan waktu nanti sore sebagai wujud kebahagiaan kepada ibu kandung saya,” kata Kang Emil saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Ibu ke-93 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2021 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Kang Emil pun berharap agar para anak yang lain juga bisa menjadikan momen Hari Ibu Nasional sebagai waktu untuk memuliakan sang ibunda. Karena berdasarkan yang diajarkan dalam agama, surga berada di bawah telapak kaki ibu.

“Mudah-mudahan yang lain juga punya cara masing-masing untuk membahagiakan ibu masing-masing,” kata Kang Emil.

Oleh karena itu, bagi para anak yang orang tuanya masih hidup harus menyanyanginya dan selalu berbakti kepada sang ibu lewat perbuatannya. Sementara bagi yang ibunya sudah meninggal, bisa tetap menyayangi dan berbakti kepada sang bunda dengan mendoakannya.

“Alhamdulillah saya pribadi masih punya ibu, dan Ibu Atalia juga masih punya ibu, kepada semua yang masih punya ibu, tentulah kita harus selalu sayangi, kita muliakan, karena surga ada di telapak kaki ibu,” ucapnya.

“Bagi yang mereka ibunya sudah berpulang kita haturkan doa agar ibu kita ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT. Dan kita terus melanjutkan peradaban dengan prestasi-prestasi,” imbuhnya.

Sementara bagi sosok ibu yang ada di Jabar, Kang Emil berpesan agar terus belajar, sehingga para ibu di Jabar bisa membimbing dan memberikan pelajaran kepada anak-anaknya.

“Karena pendidikan itu tidak seharusnya seratus persen dilakukan di sekolah, tapi juga di rumah. Oleh karena itu, para orang tua, khususnya ibu, tentu harus terus meningkatkan keilmuannya,” ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar sendiri berkomitmen meningkatkan keilmuan para ibu di Jabar. Salah satunya lewat program Sekoper Cinta.

“Selamat hari ibu dari saya pribadi kepada seluruh ibu-ibu yang sudah menjadi pejuang kemanusiaan yang luar biasa. Tidak ada peradaban masa depan tanpa ibu-ibu. Karena semua dari kita lahir dari rahim seorang ibu,” ucap Kang Emil.

 649 total views,  2 views today