Thu. Jan 23rd, 2020

Pemkot Bandung Kerjasama dengan Pemkab Aru Untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia

Kabarbhayangkara/BANDUNG-Wujud keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung digandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru, Provinsi Maluku untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebagai wujud keseriusaannya, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga datang langsung ke Pendopo Kota Bandung untuk menandatangani kerja sama. Kehadiran Bupati Kepulauan Aru disambut oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

“Semoga kerja sama ini bisa memberikan dampak yang bermanfaat untuk kita bersama. Baik untuk Kepulauan Aru ataupun Kota Bandung,” ucap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai penandatanganan kerja sama di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (10/12/2019).

Sementara itu, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga mengungkapkan, banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Pemkot Bandung. Namun, sebagai fondasinya, ia ingin fokus peningkatan SDM terlebih dahulu.

“Banyak bidang yang bisa dikerjasamakan. Tapi prioritaskan, sumber daya manusia. Mulai dari pemuda sampai aparat negeri sipil,” kata Johan.

Johan mengakui, Kota Bandung lebih berpengalaman dalam pembangunan SDM, baik masyarakat ataupun pemerintahannya. Bahkan, ia melihat di era kepemimpinan Oded kini sudah banyak memunculkan inovasi.

“Tentu kita lihat dan pelajari, Bandung istilahnya sudah lebih maju dan modern. Kalau kita masih baru masih remaja, masih banyak butuh inovasi dan pengalaman. Paling tidak, kita harus menirunya,” ungkapnya.

Ia berharap, kerja sama dengan Pemkot Bandung bisa memberikan perubahan positif bagi Kepulauan Aru.

“Outputnya tentu punya dampak positif buat daerah kita yang terbilang baru. Sehingga bisa ada dampak ekonominya buat kita,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung, Dudy Prayudi menyatakan, beberapa waktu lalu Pemkot Bandung menerima program pemagangan dari ASN Kepulauan Aru. Ada sebanyak 28 ASN yang magang di 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Bandung selama empat hari.

“Mudah-mudahan dengan program ini bisa meningkatkan performa ASN mereka dan bagi kita bisa ‘sharing’ pengetahuan juga. Jadi saling memberikan keuntungan dalam program pemagangan,” ujar Dudy.

Dudy menuturkan pada 2020 mendatang kerja sama dengan Kepulauan Aru akan lebih berkembang lagi. Selain program pengembangan SDM juga akan mulai dijajaki pelbagai kerja sama inovasi pelayanan kepada masyarakat.

“Mereka merespon dengan baik dari hasil progam pemagangan. Mungkin akan diperluas ke bidang lain. Ruang lingkupnya tidak hanya SDM tapi mungkin bisa ke kepemudaannya. Tadi Pak Wali menyampaikan ‘waste manajemen’,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *