by

POLRESTA BOGOR KOTA TANGGAP TERHADAP BENCANA ALAM ANGIN PUTING BELIUNG DI BOGOR KOTA

Kabar Bhayangkara/ KOTA BOGOR Telah terjadi peristiwa bencana alam hujan yang di sertai dengan angin puting beliung di Wilayah Hukum Polresta Bogor Kota dalam kejadian tersebut menurut informasi berdasarkan hasil pemantauan  Polresta Bogor Kota mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa di dua Kecamatan yakni di Kecamatan Bogor Selatan dan Kecamatan Bogor Timur, yang mangakibatkan satu orang meninggal dunia, kejadian angin puting beliung menumbangkan 20 pohon dan 5 kendaraan rusak tertimpa pohon, serta  848 rumah warga rusak berat dan ringan, dengan rincian korban terletak di Kecamatan Bogor Selatan Satu orang meninggal dunia a.n. ENNY RENO, Rantau, 30 Mei 1972, jenis kelamin perempuan, Ibu Rumah Tangga, Alamat Cluster Bukit Nirwana I Jl. Bukit Nirwana Raya 1 Rt 003/012 Kel. Mulyaharja Kec. Bogor Selatan Kota Bogor, korban meninggal diakibatkan pohon tersebut menimpa kendaraan yang ditumpangi korban,

Dari peristiwa bencana angin puting beliung diketahui terdapat 5 kendaraan yang tertimpa pohon tumbang  terpantau  40 pohon masing masing ,20 pohon tumbang akibat angin puting beliung dan  10 pohon di Kelurahan. Lawang Gintung, 7  Pohon di Kelurahan Cipaku serta  3 pohon di Kelurahan Batu Tulis.

Adapun kerusakan yang diakibatkan dari bencana alam angin puting beliung, mengakibatkan 770 rumah rusak berat dan ringan, 160  rumah di Kelurahan Batu Tulis.
300 Rumah di Kelurahan Pamoyanan. 225  rumah di Kelurahan Cipaku, 85 rumah di Kelurahan Lawang Gintung.

Kecamatan Bogor Timur Kerusakan rumah yang terjadi di Kecamatan Bogor Timur yang diakibatkan putting beliung yaitu sekitar 78 rumah rusak berat dan ringan, diantaranya 44  rumah di Kelurahan Baranangsiang dan 34 rumah di Kelurahan Sukasari.

Akibat dari kejadian tersebut langkah-langkah yang diambil oleh pihak Kepolisian di Wilayah Hukum Bogor Kota Melakukan evakuasi korban meninggal dunia dan korban luka dirujuk ke Rumah Sakit.

Dengan kesigapan Polresta Bogor Kota Melakukan rekayasa jalur Lalu lintas, Mendata rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut, mengevakuasi kendaraan R-4 yang mengalami kerusakan karena tertimpa poho tumbang.

Dalam penanganan tanggap darurat Polresta Bogor Kota ,membersihkan pohon – pohon tumbang maupun material bangunan yang menghalangi dan menutup badan Jalan serta Mendirikan tenda peleton untuk tempat sementara bagi pengungsi, korban yang rumahnya terkena puting beliung, dan mengadakan kordinasi dengan Pemerintah Kota  dan BPBD Kota Bogor dari kejadian akibat angin puting beliun untuk penanganan korban selanjutnya Informasi ini dikeluarkan Bid. Humas Polda Jabar sesuai Info dari  Polresta Bogor Kota (ds)*

 885 total views,  2 views today