by

Ratusan Bobotoh PERSIB Bandung Unjuk Rasa Di Depan Gedung Sate Sangsi Dari Komdis PSSI Di Depan Gedung Sate

Kabar Bhayangkara/Bobotoh Persib Maung Bandung lakukan unjuk rasa protes atas keputusan PSSI

Ratusan masa dari kelompok  sebutan suporter tim Persib(Bobotoh) melakukan aksi unjuk rasa di halaman depan Gedung Sate Jalan Diponegoro Bandung, Sabtu 13 Oktober 2018.

Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) telah memutuskan sanksi terhadap klub Persib Bandung, suporter Persib atau Bobotoh, dan panitia pelaksana Persib Bandung pada Senin (1/10/2018). Salah satu keputusan Komdis PSSI adalah menghukum Persib dengan laga kandang di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim Liga 1 2018.

“Federasi sepak bola Indonesia, PSSI mengumumkan sanksi untuk klub Liga 1 Persib Bandung terkait insiden tewasnya suporter jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta 23 September 2018 lalu. Dari hasil sidang Komite Disiplin, telah disimpulkan ada beberapa pelanggaran kode disiplin,” demikian pengumuman PSSI dalam situs resmi mereka pada Selasa (2/10/2018).

Komdis PSSI mencatat, pelanggaran yang dimaksud adalah, suporter Persib melakukan penyisiran kepada penonton yang datang, juga pengeroyokan dan pemukulan terhadap seorang Jakmania Haringga Sirla hingga tewas sebelum pertandingan. Selain itu, bobotoh dinilai melakukan intimidasi pada ofisial Persija.

Dalam penilaian Komdis PSSI, panitia pelaksana pertandingan gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton.

Dalam situs resmi PSSI, Persib dijatuhi hukuman berupa sanksi pertandingan kandang di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim 2018. Sementara itu, hingga pertengahan musim kompetisi 2019, tidak ada penonton yang boleh menyaksikan pertandingan home Persib di Bandung.

Untuk suporter dan penonton Persib Bandung, mereka dilarang hadir di stadion pada saat pertandingan kandang atau tandang Liga 1 hingga setengah musim kompetisi 2019.

Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga dilarang menonton sepakbola di seluruh stadion wilayah Indonesia seumur hidup.

Panpel Persib dihukum denda Rp 100 juta dan harus memerangi rasisme juga tulisan provokasi yang ada di spanduk, poster, baju, dan atribut lainnya saat pertandingan Persib dengan cara apapun. Ketua panpel dan petugas keamanan saat itu juga dihukum tidak boleh menjadi panpel Persib selama dua tahun.

Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga dilarang menonton sepakbola di seluruh stadion wilayah Indonesia seumur hidup. (Ds)*

 1,599 total views,  2 views today