by

Sekda Ajak Perguruan Tinggi Lahirkan SDM Berkualitas

Kabarbhayangkara.com /KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengajak perguruan tinggi untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Jabar yang berkualitas dan berdaya saing.

Ajakan tersebut disampaikan Setiawan saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Kerja Sama Tri Dharma Perguruan Tinggi di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/12/2021). Sebanyak 35 perguruan tinggi hadir langsung dalam rakor tersebut, sedangkan 115 perguruan tinggi mengikuti rakor secara virtual.

Menurut Setiawan, Pemda Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum memiliki lima misi. Salah satunya, melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia, dan produktif melalui peningkatan pelayanan publik yang inovatif.

“Tentu saja dari lima ini, empat adalah menyangkut Sumber Daya Manusia. Yang secara esklusif dalam misi yang kedua manusia yang berbudaya, itu memang terkonsentrasi di manusianya. Tetapi yang empat lainnya itu adalah betul-betul dijalankan oleh SDM yang unggul di Jawa Barat ini,” kata Setiawan.

Setiawan menuturkan, pembangunan manusia harus dilakukan secara komprehensif untuk menghadapi bonus demografi pada 2035 mendatang. “Jadi jangan sampai meleset, bahwa seharusnya usia produktif memang lebih besar dari usia yang tidak begitu produktif,” ucapnya.

Selain itu, Setiawan pun mengajak perguruan tinggi untuk turut berkontribusi menekan angka kasus stunting di Jabar.

“Jadi untuk masalah stunting barangkali juga harus dilakukan ramai-ramai. Jadi tidak mungkin hanya oleh pemerintah. Oleh karena itu, kami melibatkan berbagai mitra baik dari BUMN, BUMD, mitra-mitra perangkat daerah,” ucapnya.

“Ini hal-hal yang perlu barangkali teman-teman di perguruan tinggi melalui MoU dengan Jawa Barat ini bisa membantu sejauh itu dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” imbuhnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar Barnas Adjidin mengatakan, tujuan dari rapat evaluasi adalah meningkatkan pengelolaan kerja sama perguruan tinggi dengan Pemda Provinsi Jabar melalui penguatan standar operasional prosedur.

Adapun tujuan kedua dari rapat evaluasi tersebut yakni terselenggaranya pelaksanaan monitoring dan evaluasi kerja sama perguruan tinggi antara Pemda Provinsi Jabar dan perguruan tinggi dalam meningkatkan tindak lanjut berupa pelaksanaan program dan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di wilayah Jabar.

“Yang ketiga yaitu meningkatkan output dan outcome pelaksanaan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Pemda Provinsi Jawa Barat dan perguruan tinggi dalam rangka akselerasi pembangunan Jawa Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Barnas.

“Perlu disampaikan juga jumlah perguruan tinggi yang tercatat sebanyak 640 perguruan tinggi. Dan yang sudah melaksanakan kerja sama dengan Pemda Provinsi Jawa Barat sebanyak 135 perguruan tinggi,” tambahnya.

 1,152 total views,  2 views today